Menu Close

9 Cara Menghemat Uang Saat Kuliah

Mencampurkan uang untuk kebutuhan dengan uang simpanan tentu akan membuat Anda menjadi lebih boros. Semua orang menyukai diskon, dan ini bisa sangat berguna saat akan melancong. Dengan memburu diskon, pelancong dapat menghemat uang makan, akomodasi, belanja, biaya perjalanan, atau tiket masuk ke tempat hiburan. Sebagai anak rantau, kita harus belajar bersosialisasi yang baik dengan orang lain.

Tunggu hingga musim liburan selesai, baru kita membeli sesuatu, karena biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih rendah akibat peminatnya yang lebih sedikit. Sebagai pelajar, kamu harus pandai berhemat dengan memanfaatkan semua fasilitas yang free of charge. Kalau ada tugas-tugas yang membutuhkan buku referensi, coba lihat dulu koleksi buku di perpustakaan, jangan terburu-buru membeli buku baru. Jika tidak, Moms akhirnya membeli banyak barang berkualitas rendah, dan setengahnya bahkan tidak akan bertahan lama ketika digunakan. Jika Moms cenderung merupakan tipe orang kedua, cobalah mengadopsi mentalitas yang menghargai penghematan dibandingkan produk.

Banyak orang yang kesulitan mengatur keuangan keluarganya karena cicilan rumah sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan. Sebaiknya cicilan rumah tidak lebih dari 25 persen dari whole gaji yang diperoleh setiap bulannya. Bahkan, tidak jarang ada yang kehabisan uang pada pertengahan bulan. Hal tersebut mungkin saja terjadi akibat mereka tidak dapat mengelola gaji bulanan dengan baik dalam memenuhi kebutuhan keuangan rumah tangga. Daripada menginap di lodge berbintang, jika anda ingin menghemat pengeluaran disarankan untuk menggunakan AirBnB, hostel, atau guest house.

Aplikasi ini akan membuat kegiatan pencatatan pengeluaran menjadi lebih mudah. Oke untuk kamu yang merasa seperti ini, maka wajib download aplikasi Finansialku. Dengan melakukan pencatatan pengeluaran, kamu telah bertanggung jawab akan segi finansial. Bahkan langkah ini tidak akan mengganggu alokasi uang dari penghasilan atau jatah bulananmu. Bekerja paruh waktu atau bisnis sampingan sangat membantu dalam menambah pendapatan.

Untuk harganya memang ada yang setara dengan resort, tapi yang lebih rendah juga banyak jadi tinggal pilih saja penginapan yang harganya sesuai dengan budget anda. Kadang ada juga yang menyediakan makanan atau bisa memasak sendiri. Jangan buang- buang uang yang Anda dapatkan dengan kerja keras dengan menghambur-hamburkannya saat mencari kerja. Ingatlah suggestions ini dan terapkan dalam pencarian kerja Anda untuk membantu Anda menghemat uang Anda secara maksimal saat meningkatkan kesempatan Anda. Jika Anda sedang mencari sebuah pekerjaan, terdapat sebuah kesempatan besar untuk menyokong pemasukan Anda dalam waktu yang lama. Anda mungkin bahkan perlu bekerja dengan anggaran terbatas karenanya.

Seperti barang tersebut telah habis, sehingga bulan ini kamu wajib untuk menyetoknya kembali. Sebab, kamu tidak boleh sembarangan mengambil uang tabungan apabila uang di rekening kamu telah habis. Untuk itu, kamu bisa memastikan bahwa uang yang telah kamu masukkan di rekening tabungan memang benar benar disimpan.

Tentu saja boleh, tapi usahakan untuk tetap dalam batas wajar dan untuk kebutuhan yang lebih penting saja. Alih-alih jajan di luar, tak ada salahnya untuk membuat camilan sendiri di rumah. Selain bisa berhemat dan memastikan kebersihannya, membuat camilan sendiri di rumah juga dapat melatih kreativitas kita loh. Buat hal ini menjadi mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, kita bisa memberi diri kita sendiri sebuah reward atas pencapaian yang kita lakukan pada anggaran tersebut. Ini akan membuat kita lebih bersemangat dalam melakukan penghematan.

Tips menghemat uang

Dengan berbelanja di waktu yang sudah ditentukan, kamu akan lebih disiplin dalam mematuhi anggaran yang sudah disusun. Berbelanja secara impulsif hanya karena diskon bisa mengganggu arus kas kamu. Kamu perlu untuk menyimpan kelebihan uang yang kamu dapatkan seperti THR, uang bonus yang diperoleh, dan lain sebagainya. Entah kapan saat kamu ada kebutuhan mendesak dan tidak pernah kamu duga. Bahkan nilainya bisa akan tergerus akibat inflasi yang terjadi sepanjang tahun. Solusi untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan belajar investasi sejak dini.

Sebelum membeli suatu barang sebaiknya kamu bandingkan harga-harga dari beberapa merek. Carilah yang sesuai yang dibutuhkan namun harganya lebih terjangkau. Begitu menerima uang, langsung sisihkan uang untuk tabungan kita terlebih dahulu. Kalau sudah mentok, baru kita boleh mengeluarkan uang untuk menyewa jasa orang lain, nih. Sebelum membayar jasa orang lain untuk memperbaiki, mendesain rumah, mengajarkan bahasa asing, dan lainnya, sebaiknya kita belajar dulu dari internet. Investasi sebaiknya harus kita lakukan sedini mungkin, entah itu investasi dalam bentuk emas, dolar, reksa dana, atau saham.

Kamu akan meraih pendapatan yang lebih besar dengan talent yang mapan. Nah pembelian impulsif ini jadi fenomena yang sedang terjadi belakangan ini. Hal ini juga yang buat kamu boros sehingga gagal terus menghemat uang. Membuat anggaran bulanan dapat membantu kamu dalam menelusuri uang yang telah digunakan. Selain itu, anggaran juga bisa mengontrolmu ketika menggunakan uang.