Menu Close

Ingin Punya Banyak Uang? Ikuti 10 Cara Menghemat Uang Ini

Tentunya ini menuntut anda untuk pintar mencari pekerjaan tambahan. Ingat jangan sampai mengganggu aktivitas utama terutama bagi yang masih kuliah dan sekolah. Bukannya bisa menabung malah uang simpanan tersebut anda gunakan untuk membiayai pengobatan karena menderita penyakit. Melihat ke mana pun uang Anda pergi setiap hari dapat membuat Anda sadar akan pembelian yang tidak perlu yang mungkin Anda buat. Ditambah lagi bila Anda memotong pembelian ekstra harian dapat membantu Anda menyisihkan lebih banyak uang untuk masa depan. Untuk menjaga kehematan dan kebersihan makanan selama bulan puasa, yang harus Kamu lakukan adalah memasak sendiri menu sahur dan berbuka.

Cara pertama yang bisa dicoba untuk menghemat uang adalah dengan membuat perincian tentang kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi, misalnya dalam setiap bulan. Dengan mengetahui daftar kebutuhan secara rinci, Anda bisa membuat anggaran pengeluaran yang diperlukan untuk jangka waktu sebulan. Triknya adalah lupakan bahwa Anda memiliki uang berlebih di rekening alternatif agar uang yang Anda tabung tidak habis terkuras oleh keinginan berbelanja diluar kebutuhan Anda. Uang di rekening alternatif ini hanya boleh untuk membiayai kebutuhan mendesak atau darurat Anda. Balik lagi jika cara ini tidak mempan untuk Anda segeralah buat tabungan deposito atau masukan kedalam investasi yang tidak dapat Anda ambil seenaknya. Meskipun tampaknya berlawanan dengan intuisi, penting untuk tetap berinvestasi bahkan ketika Anda kehilangan aliran pendapatan.

Misalnya amplop anggaran pokok, amplop anggaran pendamping, amplop rekreasi, sampai amplop darurat. Orang-orang sering menjadi korban dari apa yang dikenal sebagai “Hukum Parkinson”, atau “Biaya meningkat ketika pendapatan meningkat”. Aturan ini berarti semakin banyak yang Anda kumpulkan, semakin banyak yang Anda belanjakan, dan bahkan lebih banyak dari yang Anda hasilkan. Saat menabung, tak jarang Anda akan bertemu dengan banyak “godaan”.

Sebagai seorang pelamar, Anda perlu untuk menyediakan waktu, uang, dan usaha dengan harapan menemukan pekerjaan yang Anda cari. Akan tetapi, tidak ada gunanya untuk bersikap “foya-foya” atau “berlebihan dengan uang saat mencari pekerjaan. Hal tersebut terbukti akan mengehmat pengeluaran bulanan kamu, ketimbang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, karena harga bahan bakarnya cukup mahal. Pasalnya, jika rumahmu sedang dilanda krisis air, bukankah kamu harus membeli pasokan air bersih?

Tips menghemat uang

Faktorgaya hidupjadi hal yang utama seseorang rela menghamburkan uang demi eksis di media sosial. Sebaiknya batasi hal-hal tersebut sekarang juga jika memang kamu ingin terbebas secara finansial di masa depan. Sebagian orang mengakui bahwa hambatan terbesar yang mereka hadapi untuk menabung setiap bulan adalah diri mereka sendiri. Kurangilah pengeluaranmu dengan mengaplikasikan tips-tips di atas dan lihatlah berapa banyak uang yang bisa kamu hemat setiap bulannya. Jika kamu perlu membeli sesuatu pada hari di mana barang tersebut baru saja keluar, maka kamu kemungkinan akan membayar harga penuh untuk barang tersebut.

Jangan menunggu sampai Anda tidak memiliki utang untuk ditabung. Gaya hidup minimalis bukanlah sebuah tren yang harus dipamerkan. Minimalis berarti menghindari untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan dan memanfaatkan berbagai benda yang sudah Anda punya sebelumnya secara maksimal. Gunakanlah sebuah produk yang lebih awet sehingga Anda tidak perlu membuang uang hanya untuk mengganti hal yang rusak dengan sering. Manfaatkan setiap benda yang Anda miliki dengan baik sampai Anda merasa benar – benar harus mengganti benda yang Anda miliki setelah rusak.

Disarankan juga untuk mengambil kereta malam agar lebih hemat biaya penginapan. Lagi, anda sebaiknya tidak naik taksi saat berpergian, karena jatuhnya akan sangat boros. Menggunakan portal mencari pekerjaan seperti JobStreet.com akan membantu Anda dalam mencari pekerjaan secara lebih efisien dan efektif dikarenakan dua alasan penting.