Menu Close

Menjadi Makhluk Yang Disukai Allah Untuk Meraih Sukses Dunia Akhirat

Kita akan merasakan tidak nyaman saat memasuki lingkungan dan rutinitas baru. Tetapi, lama kelamaan akan merasa terbiasa dengan keadaan tersebut. Oleh karena itu, sebelum memasuki rutinitas baru, kita harus mempersiapkan mental untuk menerima segala risiko ketika melakukan rutinitas yang baru. Mengutip dari buku ‘ninety nine BISNIS IBU RUMAH TANGGA’ karya Malahayati, membuka usaha juga perlu persiapan agar yang dikelola dapat berjalan dengan lancar serta dapat meminimalisir keuangan.

Membangun mentalitas yang bisa membuat kita sukses

Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan. Kita harus percaya kalau Tuhan mendukung usaha kita sepenuhnya. Kita mungkin takut saat melangkah dalam iman kita justru jatuh. Tapi Tuhan sudah berjanji bahwa dalam keadaan apapun Dia tidak akan meninggalkan kita.

Dengan punya tekad untuk mencapai satu tujuan, pasti mudah deh melakukan self-control. Kalau ada goda2an buat meruntuhkan tekad lo, coba pikirin hal negatif yang bakal lo dapet dengan melakukan itu. Mencoba mengubah diri menjadi lebih baik itu hal yang berat untuk dilakukan, perlu kedisiplinan, konsistensi, dan juga self control yang baik. Masalahnya, seringkali kita mengawali segala bentuk komitmen dengan semangat 45 terus langsung fokus ke hal-hal yang gak realistis, abstrak, ngawang-ngawang, tanpa arah yang jelas.

Menjalankan bisnis di usia muda sekalipun, memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit. Anak-anak muda memang harus bisa memiliki mindset bahwa tidak selamanya sukses itu menjadi seorang pegawai negeri. Kedua, seorang pelaku usaha dituntut untuk bisa teliti, cermat, dan akurat dalam mengambil keputusan. Sebagai seorang pemimpin, tentunya Anda harus mempertanggungjawabkan segala keputusan yang diambil.

Anda juga bisa meningkatkan mental Anda dengan melakukan meditasi, yaitu pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Anda dapat melakukan aktivitas ini di suatu tempat yang hening selama 5-30 menit setiap harinya. Anda mungkin mengalami kekecewaan dan kegagalan dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda. Harus saling mendorong, saling membantu, saling menguatkan dalam usaha. Saling membeli produk dari saudara, tetangga sendiri, artinya dari kita, untuk kita. Untuk itu, ikutilah berbagai pelatihan, seminar, training, workshop serta membaca berbagai buku.

Mereka yang bermental kaya juga gak menolak orang yang baru dikenal ataupun ide-ide baru. Dibandingkan menabung, orang bermental kaya lebih memilih berinvestasi untuk jangka panjang karena sadar kalau mereka tidak akan bekerja selamanya. Mereka tidak ingin merepotkan dan membuat susah diri sendiri, anak-anaknya, ataupun orang lain di masa tuannya nanti. Gantungkan cita-citamu setinggi langit, jika engkau jatuh setidaknya jatuhnya di bintang-bintang, kata Bung Karno.

Optimis dan selalu berpikir positif terhadap berbagai persoalan. Pola pikir pebisnis yang satu ini merupakan pola pikir yang sulit untuk dimiliki. Banyak orang enggan memulai bisnis karena takut akan kegagalan. Jika pertahanan kita buruk, bukan saja cara berpikir kita yang dirusak, namun juga psychological kita.

apa lagi saat ini dunia sedang mengalami masa pandemi membuat semua sektor lumpuh sehingga banyak karyawan perkantoran ataupun perusahaan mengalami PHK bahkan dirumahkan. Pola pikir seperti itulah yang harus dibangun sejak saat ini disekolah karena diusia merekalah ide dan kreativitas masih sangat produktif untuk dilakukan. BANYAK orang yang ingin membuka usaha, tetapi sulit untuk memulai.

Terdengar easy namun untuk bisa tekun dalam menjalankan bisnis sendiri sebenarnya sangat sulit. Memerlukan kerja keras dan konsisten sehingga tidak mudah menyerah ketika mendapatkan tantangan dalam menjalankan usaha. Ketika ditanya mengenai bagaimana hingga akhirnya bisnisnya mendapatkan perhatian masyarakat, Yeri mengaku bahwa ia memanfaatkan kehadiran media sosial ketika membangun usahanya pada 2017 silam. “Pada saat itu media sosial sedang ramai-ramainya, dan semua orang sedang senang sekali menggunakan tagar di Instagram. Saya pun memanfaatkan hal tersebut untuk mengenalkan produk saya.” Hasilnya? Dalam waktu empat tahun, kini ia memiliki komunitas yang loyal, yakni Calla Squad, serta lebih dari 200 ribu followers di Instagram. “Bekerja sama dengan MRA Media, UOB YOLO Card by Bank UOB Indonesia ingin membantu para entrepreneur muda untuk membangun bisnisnya,” ujar Milka Tivani saat membuka sesi webinar.

Kamu akan merasa diri kamu berharga dengan ilmu yang kamu miliki. Asah kemampuan diri dengan mengikuti workshop atau pelatihan, kursus online atau semudah memiliki hobi yang di luar dari rutinitas harian kamu. Disiplin adalah tentang mengajarkan anak-anak untuk melakukan hal yang lebih baik untuk waktu selanjutnya, bukan membuat mereka menderita karena kesalahan mereka. Gunakan konsekuensi yang mengajarkan keterampilan khusus, seperti keterampilan pemecahan masalah, kontrol impuls, dan disiplin diri.