Menu Close

Pentingnya Penerapan Kembali Budaya Menabung Pada Masa Pandemi Covid

Dengan begitu, si Kecil memahami tujuan dari menabung dan bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuannya itu. Sebelum membuka rekening atau menyiapkan dana darurat, sebaiknya Anda menetapkan tujuan untuk membuat Dana Darurat. Buatlah daftar prioritas penggunaan dana yang akan digunakan dengan memanfaatkan dana darurat.

Tidak termasuk kedalam kegiatan konsumsi, karena barang atau benda tersebut termasuk kedalam produksi. Ketika masih muda dan pertama kali bekerja, kita merasa senang karena bisa membeli segala sesuatu dengan uang sendiri. Padahal, semakin muda Anda membiasakan diri untuk menabung–berapa pun penghasilan Anda–maka kebiasaan baik ini akan terus terbawa hingga tua. Bahkan, para ahli mengatakan bahwa sebaiknya Anda menyisihkan dulu sebagian gaji, baru belanjakan sisanya.

Menurutnya, program Simpel ini akan segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah, agar para siwa sadar betul akan pentingnya menabung di usia dini. Dijelaskannya, bagi siswa yang ingin menabung tidak dikenakan biaya administrasi, setoran tidak dibatasi mulai dari Rp 5 ribu. Selain itu tabungan atas nama pelajar yang bersangkutan serta mendapatkan berbagai benefit dan diikutkan dalam berbagai undian yang digelar BNI. Sebanyak 3 dari 10 milenial di Asia terancam kekurangan uang di masa pensiun dan four dari 10 masih akan terbebani utang KPR sampai masa pensiun.

Pentingnya menabung

Sebab dengan adanya tabungan di rekening, Anda akan memiliki kesiapan dana darurat yang sewaktu-waktu pasti akan dibutuhkan. Misalnya untuk biaya anak masuk kuliah, untuk membeli aset, untuk kehidupan di masa pensiun, untuk biaya pengobatan, dan untuk kebutuhan lainnya. Kebanyakan orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk menabung sejak masih kecil. Seringkali di sekolah, sang anak dididik untuk menyisihkan uang jajannya untuk menabung. Hingga beranjak dewasa, anak-anak tersebut lalu dikenalkan dengan tabungan di bank dengan segala programnya.

Studi yang dirilis oleh IDN Research Institute tahun 2019 mengungkapkan baru 35,1% milenial Indonesia yang memiliki rumah. Salah satu penyebabnya adalah, kenaikan harga rumah jauh lebih cepat dibandingkan kenaikan upah ditambah tingkat pengeluaran konsumtif generasi milenial yang terbilang tinggi. “Sebagai platform investasi dan pengelola keuangan yang terpercaya, kami memahami pentingnya peranan dana darurat dalam pengelolaan keuangan pribadi,” ungkap Franky. Saham merupakan salah satu jenis investasi yang sudah di kenal oleh masyarakat Indonesia. Untuk mendapatkan sesuatu yang cukup berharga, sejumlah uang harus dikumpulkan dengan proses menabung. Anak bisa dibiasakan menabung di rumah dengan celengan maupun menabung di financial institution selama jangka waktu tertentu.

Karena usia pasti bertambah, dan waktu terus berjalan, maka mau tidak mau semua orang pasti akan menghadapi pensiun. Dengan menabung, secara tidak langsung kita diajarkan bahwa hidup itu butuh proses. Hal ini karena, dengan menabung sekaligus memberikan pembelajaran buat kita bahwa untuk memperoleh sesuatu itu tidaklah mudah dan instan semata, namun perlu perjuangan. Umumnya mulai anak usia balita sudah mulai meniru apa yang orangtuanya lakukan. Ini bisa menjadi trik tersembunyi agar anak mau menyisihkan uangnya. Setelah uang terkumpul, barulah Anda jelaskan bahwa uang tabungan dari hasil membeli bisa ia gunakan untuk keperluan yang lebih penting.