Menu Close

Sixteen Faktor Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha Beserta Penjelasan Singkat

Totalnya ada 4 faktor yang pertama berkaitan dengan manajerial, kurang fokus, kontrol yang lemah, dan terbatasnya modal bisnis yang dimiliki. Masyarakat umum bisa memperlancar ataupun sebaliknya bisa sebagai penghambat kemampuan perusahaan untuk mencapai sasarannya. Dalam usahanya untuk melayani kelompok pasar pelanggan, perusahaan tidaklah berjalan sendiri. Usaha perusahaan untuk membangun suatu sistem pemasaran yang efisien guna melayani pasar gelati disaingi oleh perusahaan lainnya. Sistem pemasaran dan juga strategi yang diterapkan oleh perusahaan dikelilingi serta dipengaruhi oleh sekelompok pesaing.

Faktor keberhasilan dari sebuah usaha

Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya kita menginginkan produk unggulan yang dimiliki bisa diterima pasar dengan baik. Bahkan tak jarang para pengusaha maupun pelaku pasar rela menginvestasikan sejumlah uang, energi, dan waktu yang mereka miliki hanya untuk mengantarkan produk-produknya menembus pasar nasional maupun internasional. Pada period digital ini, pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai macam cara agar dapat menarik perhatian. e-commerce mendapat perhatian dari pemasaran yang dilakukan, maka akan semakin mudah mendapatkan calon pembeli sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berbelanja di situs tersebut. Banyaknya pilihan produk yang ditawarkan juga menjadi penentu kesuksesan suatu bisnis e-commerce.

Selain usaha ikan, ia juga memiliki usaha sukses lainnya yang sebenarnya berkaitan dengan usaha perikanan miliknya. Segala usaha dan jerih payahnya terbayarkan, karena usahanya mulai berkembang dan akhirnya ia mulai mengembangkannya dengan menjual daging hingga sayur hidroponik. Usaha tersebutlah asal mula terbentuknya Kem-Chicks, supermarket di daerah Jakarta Selatan yang menjual berbagai macam kebutuhan hingga berbagai macam produk pertanian serta peternakan. Perencanaan merupakan langkah awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam perencanaan maka kegiatan usaha akan mengalami kesulitan. Agar perusahaan dapat berhasil dengan baik, faktor utama yang berkaitan dengan keuangan adalah mengendalikan aliran kas.

Keuangan yang sulit atau tidak sebanding dengan usaha yang dirintis akan membuat usaha sulit mencapai keberhasilan. Oleh karena itu, keuangan menjadi salah satu faktor keberhasilan dari sebuah usaha. Wirausaha harus mampu memperkirakan jumlah dana yang dibutuhkan, perhitungan biaya, struktur pembelanjaan, harga dan lapar yang diinginkan dan sebagainya. Seorang wirausaha akan berhadapan dengan wirausahawan lainnya di bidang yang sama, bahkan tidak jarang dengan produk yang memiliki kualitas sama. Jika Anda bersaing dengan cara demikian, sulit untuk mencapai kesuksesan. Untuk menghadapi hal yang demikian, Anda memerlukan kreativitas untuk membuat produk Anda berbeda dengan produk lainnya yang sejenis.

Faktor berikutnya adalah optimasi, media pemasaran apapun yang digunakan usahakan tidak digunakan sekali pakai. Namun kelola secara kontinyu untuk bisa menghasilkan omset yang terus bertumbuh. Lakukan optimasi secara maksimal, misalnya saja jika fokus melakukan promosi di media sosial maka kelola secara profesional. Perlahan konsumen akan berdatangan, selama konten yang dihadirkan memang dinilai berkualitas dan bermanfaat. Hal ini pun bisa menjadi salah satu langkah untuk menghindari faktor yang tidak mendukung keberhasilan dari wirausaha tadi.

Tidak semua yang terjun ke bisnis online berhasil memang, banyak pula yang gagal. Kemungkinan sejak lima tahun lalu, orang banyak menggunakan media on-line untuk berjualan. Hal ini seiring peningkatan utilisasi berbagai media online itu sendiri, seperti media sosial, dari yang sebelumnya menjadi tempat untuk sharing dan chatting, berkembang menjadi tempat sharing information produk.