Menu Close

Uang Jajanmu Boros? Ini Ideas Supaya Kamu Bisa Menghemat Uang Jajan!

Cara berhemat sebenarnya tidak menyiksa kok, hanya perlu komitmen dan tekad serta kesadaran mengenai hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda. JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona (Covid-19) menciptakan kondisi ketidakpastian finansial yang barangkali Anda alami.

Ketika anda melihat angka pengeluaran, anda bisa lebih bijak menentukan apakah lanjut berbelanja, atau batal berbelanja. Banyak sekali cara menghemat uang belanja yang ternyata sulit untuk dilakukan. Sebagai anak kuliahan tentunya anda harus pintar mengatur keuangan agar keuangan anda bisa stabil.

Hidup setelah pensiun dini mungkin menjadi salah satu tantangan. Daripada melihat uang Anda terus menyusut, teruslah secara proaktif mencari cara untuk berinvestasi di masa depan sambil menabung di saat ini. Membawa uang tunai terlalu banyak menjadi salah satu pemicu paling besar munculnya keinginan untuk membeli sesuatu. Dari pengeluaran di bulan sebelumnya, kamu bisa memperkirakan berapa complete biaya kebutuhan pokok ini. Lewat catatan tersebut, kamu bisa membuat anggaran supaya bisa menetapkan pos-pos pengeluaran yang jumlahnya bisa ditekan. Dengan begitu, kamu jadi lebih terencana dalam menggunakan uang.

Tips menghemat uang

Selama bulan puasa biasanya banyak agenda untuk melakukan kegiatan buka bersama di luar. Nah jika Anda ingin menghemat uang jajan selama berpuasa, cobalah untuk mengurangi kegiatan buka puasa di luar. Baik itu yang diadakan oleh teman ataupun dari diri Anda sendiri. Bulan puasa selalu mengalami perubahan yang besar dari mulai pengeluaran untuk jajanan berbuka.

Ini akan menekan anggaran akomodasi, makan, dan hiburan selama perjalanan. Cara mudah yang pertama adalah memilih staycationatau kegiatan liburan di dekat rumah. Selain lebih aman karena tidak jauh dari tempat tinggal, staycationjuga lebih hemat. Membawa kendaraan sendiri biasanya akan membutuhkan pengeluaran lebih seperti bensin dan biaya berlangganan parkir pada tempat kerja Anda. Selain itu juga dengan menggunakan transportasi umum Anda bisa berperan untuk mengurangi polusi udara. Kupon diskon bisa menjadi salah satu penyelamat finansial Anda.